Porfil Kita

Minggu, April 12, 2009


SMP KARTINI II BATAM

TAHUN PELAJARAN 2008-2009

KOMPLEK SUMBER AGUNG NO. 3

SEI JODOH . KEC BATU AMPAR

BATAM INDONESIA

TELP: (0778) 7022817 - 430263 FAX: (0778) 430 263

E-Mail : smpkartini_2@yahoo.co.id.

Sekolah Lanjutan Pertama (SLTP) Kartini Batam yang didirikan pada tanggal 1 Juni 1980, sebagai salah satu manifestasi dan komitmen YKB untuk membantu perintah menaggulangi masalah pendidikan di pulau Batam yang pada masa itu jumlah penduduknya sedang berkembang pesat. Dua puluh tujuh tahun sudah hampir berjalan sekoah SMP Kartini telah banyak melahirkan insan-insan berpendidikan, yang pada umumnya mereka saat ini telah bekerja dan berprestasi pada hampir seluruh instansi, baik pemerintah maupun swasta.

Maka dari itu sampai saat ini SMP Kartini dan YKB masih komit terhadap mutu pendidikan, dan akan terus mengupayakan agar seluruh sekolah yang ada dibawah payung Yayasan Keluarga Batam harus tetap beprestasi. Untuk itu berbagai upaya terus diusahakan agar mutu pendidikan harus dapat di raih oleh segenap insan pendidikan yang belajar di Sekolah-sekolah Kartini. Perjalanan 28 tahun bukanlah suatu perjalanan mudah, tentu banyak mengalami pasang surut dan kendala-kendala teknis lainnya. Pada intinya semua komponen di dalamnya harus berupaya keras untuk mencapai prestasi yang gemilang. Berbagai prestasi yang dicapai tentu tidak terlepas dari kepiawaian guru dan Yayasan dalam membina peserta didik agar tetap komit dan bekerja keras dalam menggapai masa depan. Tidak hanya itu prestasi non akademik juga menjadi salah satu unggulan di sekolah kartini.

Prinsip Sekolah SMP Kartini adalah keberhasilan seorang peserta didik tidak hanya dapat di ukur dengan prestasi akademik saja, melainkan non akademik juga menjadi salah satu barometer keberhasilan para peserta didik. Oleh karena itu jam pelajaran yang telah ditetapkan sekolah bukanlah semata-mata ukuran untuk tingkat kemampuan seoran peserta didik, tetapi kemampuan lebih dapat diperoleh melalui organisasi, ektrakurikuler, sosial kemasyarakatan dan kemampuan untuk memimpin. Harapan semua orang tua yang menyekolahkan anaknya di SMP Kartini agar kelak di kemudian hari anak mereka dapat menjadi anak yang berkualitas dalam pengetahuan, memiliki ketrampilan, dan mampu berkompetitif dalam persaingan global. Inilah tujuan akhir dalam program dan konsep pendidikan yang ada di SMP Kartini.

Saat ini SMP Kartini telah berubah, yang dulunya masayarakat hanya mengenal di Batam SMP Kartini, tetapi sejak tahun pelajaran 2003-2004 SMP Kartini berubah menjadi SMP Kartini I di Sekupang satu lokasi dengan SD Kartini I dan SMP Kartini II di Batu Ampar satu lokasi dengan SD Kartini II. Perubahan tersebut bertujuan untuk menyukseskan program pemerintah wajib belajar 9 tahun, hal tersebut merupakan salah satu alasan utama SMP Kartini Pecah menjadi dua, di samping itu konsep pendidikan di Yayasan Keluarga Batam adalah tetap berorientasi pada seluruh program pendidikan pemerintah. Walaupun saat ini pecah menjadi dua bagian namun SMP Kartini tetap masih memiliki Motto, Visi dan Misi yang sama. Perubahan boleh saja terjadi tetapi kualitas haruslah menjadi nomor paling utama yang harus kami upayakan. Untuk itulah Sekolah SMP Kartini I dan SMP Kartini II merumuskan satu Visi dan Misi yang sama dalam menjalankan berbagai macam proses pembejaran agar masyarakat tetap nyakin dan percaya untuk tetap menyekolahkan Putra putrinya di SMP Kartini. Ilustrasi dan komitmen bersama tercurahkan menjadi salah satu landasan yang konstruktif dalam menjalankan seluruh program pendidikan yang telah di amanatkan pemerintah dan Yayasan Keluarga Batam kepada sekolah SMP Kartini. Inilah komitmen kami :

VISI

Unggul Dalam Kualitas, Kreatif dalam Aktivitas, dan Iman dalam Identitas

MISI :

  1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang mereka miliki.
  2. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh komunitas sekolah.
  3. Mendorong dan membantu siswa dengan metode pelayanan yang ramah serta kebersamaan untuk setiap siswa dalam mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara wajar dan optimal.
  4. Menumbuhkan serta mendorong kualitas dan unggul dalam penerapan ilmu dan teknologi, serta seni yang dimiliki oleh setiap peserta didik.
  5. Menumbuhkan penghayatan terhadap berbagai aspek kehidupan atas dasar peningkatan ilmu agama sesuai dengan agama yang di anut oleh setiap peserta didik.
  6. Mendorong lulusan yang berkualitas, berprestasi dan beraklaq mulia, serta mampu berkompetitif baik dalam maupun luar negeri, dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik dan benar.

FASILITAS BELAJAR DI SMP KARTINI II BATAM

Dimulai tahun 2009-2010 SMP Kartini II

Mempunyai fasilitas Lengkap:

  • Ruang Kelas Lengkap, semua siswa masuk pagi
  • Ruang Science Laboratory Lengkap
  • Ruang Lenguage Laboratory Tiap Siswa 1 set.
  • Computer Laboratory
  • Library
  • Sport Hall
  • Mini Studio Music
  • Tempat Ibadah
  • Dan Ruang Penunjang Lainnya

KURIKULUM

Tahun 2009 – 2010 SMP Kartini II sudah Menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Siswa kelas VII, VIII dan IX. Serta Kelas Bilingual dengan sistem moving Class. Inilah struktur Kurikulum Perminggu :

  1. NASIONAL

    -Pendidikan Agama : 2 Jam

    -Bahasa & sastra : 5 Jam

    -Kewarganegaraan : 2 jam

    -Bahasa Inggris : 4 Jam

    -Matematika : 6 Jam

    -IPA Terpadu : 4 Jam

    -IPS Terpadu : 4 Jam

    -IT/ Cumputer : 2 Jam

    -Penjas : 2 Jam

    -Seni & Budaya : 2 Jam

    - Pembinaan Bakat : 2 Jam

    Jumlah 35Jam

  2. MUATAN LOKAL

- Elektronika : 2 Jam

- ILP : 6 Jam

- Kegiatan Agama:1 Jam

- Upacara/Senam : 2 Jam

Jumlah : 11 Jam

Waktu Belajar : 5 hari dalam Seminggu

  • Masuk : 07.00 WIB
  • Pulang : 16.00 WIB
  • SPECIAL CLASSES ( BILIGUAL)

Kecuali Hari Jumat Pulang Jam : 11.00 WIB

Khusus Sabtu Full Extra : jam 08.00-12.30

0 Comments: